Tuesday, June 10, 2014

IBD Manusia dan Tanggung Jawab (Resume Film)

CAPTAIN PHILLIPS



RESENSI FILM
                Captain Phillips adalah sebuah film yang diangkat dari sebuah kisah nyata mengenai pembajakan kapal yang dilakukan oleh perompak kapal di Somalia. Film ini adalah sebuah kisah nyata dari Kapten Richard Phillips yang mengalami pembajakan tahun 2009 oleh perompak Somalia.
Kapal kargo asal Amerika Serikat, Maersk Alabama, sedang melakukan perjalanan menuju Mombasa, Kenya. Kapal ini membawa serta puluhan kru kapal dan dikomandoi oleh Kapten Richard Phillips. Sebagai nahkoda berpengalaman, ia melakukan berbagai persiapan menghadapi kemungkinan terburuk karena mengetahui bahwa kapalnya akan melewati daerah rawan pembajakan. Hal yang ia cemaskan menjadi kenyataan ketika ia menyadari sesuatu sedang melaju kencang tepat ke arah kapalnya.
Rupanya, Maersk Alabama menjadi incaran para perompak Somalia di bawah kepemimpinan Muse. Melihat situasi genting tersebut, Phillips menginstruksikan awaknya untuk bersiap mengambil posisi darurat sehingga mampu menghalau para perompak untuk menguasai kapal mereka.
Sayangnya, di hari berikutnya para perompak kembali datang dan berhasil membajak Maersk Alabama dengan tujuan meminta uang tebusan. Phillips dan beberapa awaknya yang sedang berada di anjungan terpaksa menjadi tawanan, sementara awak kapal yang lain bersembunyi di ruang persembunyian. Kapten Phillips selaku kapten kapal itu juga bertanggung jawab akan segala hal terburuk yang akan menimpa awaknya, kapal, bahkan dirinya. Phillips pun mencoba bernegosiasi secara damai dengan kawanan perompak berjumlah empat orang tersebut. Namun keadaan semakin kacau ketika para perompak menculik Phillips dan membuat Maersk Alabama kehilangan komandonya.
Akhirnya, dengan datangnya bantuan, Kapten Phillips berhasil diselamatkan dan perompak Somalia berhasil ditangkap.

URAIAN                                                    
Kita dapat menguraikan makna dari tanggung jawab dari film Captain Phillips ini. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban. Seperti kita tahu, Kapten Phillips selaku kapten kapal miliki tanggung jawab besar atas awaknya, kapal, bahkan dirinya. Dengan kata lain, segala hal yang terjadi terhadap kapal dan awak kapal merupakan tanggung jawab kapten kapal. Macam-macam tanggung jawab yaitu tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, dan Tuhan.
Pengabdian itu adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat, atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. Dalam film ini, Kapten Phillips mengabdi kepada pekerjaannya sebagai kapten kapal. Dia berusaha menyelamatkan seluruh awak kapal beserta kapalnya dan berusaha bernegosiasi dengan para perompak Somalia. Macam-macam pengabdian yaitu pengabdian kepada keluarga, masyarakat, dan agama.
Pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih suatu pemberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata. Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Di dalam film Captain Phillips, sang Kapten rela mengorbankan hidupnya demi menyelamatkan kapal dan para awaknya. Dia memerintah awak kapal untuk bersembunyi sedangkan dia harus menemui parak perompak kejam Somalia. Dia bahkan diculik para perompak Somalia. Pengorbanan kapten Phillips ini merupakan akibat pengabdiannnya kepada pekerjaan dan awak kapalnya.

Referensi:


Nama / No. Absen : Abu Bakar / 01
NPM / Kelas : 10113068 / 1KA09

0 comments:

Post a Comment