Thursday, June 16, 2016

Hukuman Mati Bagi Pengedar Narkoba

Hukuman Mati Bagi Pengedar Narkoba



Narkoba saat ini telah merajalela dan menyebar di berbagai macam kalangan masyarakat baik kalangan atas maupun kalangan bawah. Dari berbagai macam kalangan itu, remajalah yang memiliki persentase terbesar sebagai pecandu narkoba. Hal ini dikarenakan pergaulan mereka yang sangat bebas sehingga mereka terjerat oleh narkoba. Akibatnya, banyak para remaja yang mati sia-sia karenanya. Menanggapi masalah ini, pemerintah gencar memerangi peredaran narkoba, bahkan mereka menghukum mati para pengedar narkoba. Hukuman mati yang ditetapkan oleh pemerintah ini menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Ada sebagian yang mendukung dan ada juga yang mengecam hukuman ini.

Orang-orang yang mendukung hukuman ini menganggap para pengedar narkobalah yang paling bertanggung jawab dalam menyebabkan kenakalan-kenakalan remaja saat ini. Dengan diberikannya hukuman mati bagi para pengedar narkoba, akan memutus rantai penyebaran narkoba di negeri ini. Hukuman ini juga dinilai sebagai hukuman yang paling efektif karena sudah banyak para pengedar yang ditangkap dan dihukum penjara, setelah terbebas dari hukumannya mereka kembali menjadi pengedar. Hal inilah yang ingin dihentikan oleh pemerintah dengan menghukum mati mereka. Akibatnya, para pengedar narkoba akan semakin berkurang.

Namun, ada juga masyarakat yang mengecam hukuman mati ini. Mereka menilai hukuman mati ini terlalu kejam dan juga dinilai telah mengambil hak asasi manusia, yaitu hak untuk hidup. Orang-orang yang mengecam hukuman mati ini sudah terlalu kuno dan tidak lagi efektif untuk dilakukan di jaman modern ini. Karena pada kenyataannya, meskipun pemerintah telah mengeksekusi pengedar narkoba, masih saja banyak pengedar yang berkeliaran. Mereka juga menganggap bahwa para pengedar narkoba ini juga sama dengan para pemakai narkoba. Mereka sama-sama korban dari barang haram ini, sehingga para pengedar narkoba ini layak mendapatkan pengobatan seperti para pecandu narkoba.

Berdasarkan penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa hukuman mati yang ditetapkan pemerintah bagi para pengedar narkoba menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Memang untuk menyatukan dua pihak yang berbeda ini sangatlah mustahil, akan tetapi pemerintah sebaiknya jangan terlalu khawatir. Pikirkan saja apa yang terbaik untuk negeri ini.



Sumber:


1 comment:

  1. Produsen dan pengedar miras di negara demokrasi ini sejak JAman DahULu hingga Sekarang masih dibolehkan beroperasi. Sampai kapan yaa?? #mikir #Islam

    ReplyDelete