Tuesday, June 10, 2014

IBD Manusia dan Harapan (Resume Film)

LIFE OF PI



RESUME FILM              
Life of Pi adalah sebuah film mengenai seorang anak laki-laki yang berjuang untuk bertahan hidup di tengah-tengah samudera luas. Film ini diangkat dari sebuah novel karya Yann Matel tahun 2001 dengan judul yang sama.
Berawal dari kisah Pi yang masih kecil. Pi yang memiliki nama lengkap Piscine Molitor selalu berusaha untuk memperjuangkan nama baiknya di hadapan teman-temannya di sekolah. Bahkan, untuk menghindari ejekan dari teman-temannya, ia pun memotong namanya menjadi. Pi adalah seorang anak laki-laki yang berasal dari keluarga India yang tidak mempercayai adanya Tuhan. Bagi ayahnya, agama adalah kegelapan. Berbeda dengan ayahnya, ia pun tergerak untuk mencari tahu tentang keberadaan Tuhan. Dengan rasa penasaran tentang adanya Tuhan, ia pun mempelajari bahkan menganut empat ajaran agama yaitu Hindu, Kristen, Islam, dan Yahudi.
Ketika ia berumur 16 tahun, orang tuanya memutuskan untuk memindahkan kebun binatang mereka dari India ke Kanada dengan menaiki kapal kargo bernama Tsimsum. Namun, di tengah perjalanan, badai menghantam kapal mereka. Semua anggota keluarga terkurung dalam sebuah ruangan yang terendam dengan air laut. Di satu sisi, Pi harus menyelamatkan dirinya, namun di sisi lain ia masih ingin berusaha menyelamatkan seluruh anggota keluarganya. Sayangnya, dia adalah satu-satunya manusia yang selamat dari tenggelamnya kapal Tsimsum.
Bersama beberapa hewan buas ia mengarungi samudera Pasifik. Bayangkan bagaimana perasaan Pi, remaja berumur 16 tahun, yang harus berada di sekoci yang sama dengan beberapa hewan buas yang selalu ingin menerkamnya. Dia harus berusaha bertahan hidup berminggu-minggu dengan kondisi yang lemah, dengan makanan seadanya, dan dengan ketakutan akan terkaman hewan buas dan badai laut yang kapan saja bisa terjadi. Terlebih lagi, dia harus berbagi sekoci dengan Richard Parker, seekor harimau bengal dewasa.
                Pi adalah anak yang cerdas karena dia bisa membaca kondisi sekelilingnya hingga bisa bertahan hidup baik di pulau tersebut maupun di tengah laut. Bahkan ketika ia harus belajar bertahan hidup berdasarkan buku panduan yang didapatkan di sekoci tersebut. Dan akhirnya Pi selamat dan terdampar di sebuah pantai setelah berminggu-minggu terdampar di tengah laut.

URAIAN
Pada film ini dapat dilihat adanya sebuah harapan dari seorang anak laki-laki bernama Pi yang terdampar di tengah samudera untuk bertahan hidup dan kembali ke daratan. Seperti yang diketahui sebelumnya, harapan adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Antara harapan dan cita-cita terdapat persamaan yaitu keduanya menyangkut masa depan karena belum terwujud, pada umumnya dengan cita-cita maupun harapan orang menginginkan hal yang lebih baik atau meningkat.
Harapan muncul ketika Pi berjuang untuk bertahan hidup di tengah ganasnya samudera akibat kapal yang ditumpangi dia dan keluarganya karam diterjang badai besar. Setelah mengetahui bahwa hanya dia yang selamat dari kapal itu, Pi dengan kapal sekocinya serta seekor harimau bengal dewasa berjuang untuk mempertahankan hidupnya.
Kepercayaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengakuan atau keyakinan akan kebenaran. Dalam film ini, keluarga Pi tidak ada yang percaya terhadap agama. Menurut ayah Pi, agama adalah kegelapan. Pi kemudian mencari tahu tentang keberadaan Tuhan. Dasar dari kepercayaan adalah kebenaran. Pi berusahan mencari kebenaran tersebut. Dia mempelajari bahkan menganut empat ajaran agama yaitu Hindu, Kristen, Islam, dan Yahudi. Pada saat terdamar di tengah samudera luas, Pi percaya bahwa Tuhan akan membantunya. Dia terus meyakinkan dirinya sendiri dan kemudian keajaiban-keajaiban muncul hingga akhirnya ia berhasil selamat.


Nama / No. Absen : Abu Bakar / 01
NPM / Kelas : 10113068 / 1KA09

0 comments:

Post a Comment