Monday, March 21, 2016

Auticvity - Aplikasi Pembelajaran untuk Anak Penyandang Autis

AUTICVITY

APLIKASI PEMBELAJARAN UNTUK ANAK PENYANDANG AUTIS


Aplikasi Auticvity merupakan aplikasi game (permainan) yang dikhususkan untuk membantu penyandang autis belajar dengan konsep fun learning. Aplikasi ini juga menerapkan beberapa terapi khusus untuk penyandang autis, diantaranya terapi visual, ABA (Applied Behaviour Analysis) atau terapi perilaku, dan terapi okupasi.


Latar Belakang

Autisme adalah kelainan perkembangan sistem saraf pada seseorang yang pada umumnya disebabkan oleh faktor keturunan dan biasanya sudah dapat terdeteksi sejak bayi berusia 6 bulan. Prediksi penyandang autis dari tahun ke tahun semakin meningkat. Di Indonesia, pada tahun 2015 diperkirakan satu per 250 anak mengalami gangguan spektrum Autis. Terdapat kurang lebih 12.800 anak penyandang autis dan 134.000 penyandang spektrum autis di Indonesia pada tahun 2015. (Sumber: klinikautis.com, 2015)
Walaupun hingga saat ini, belum ada cara untuk menyembuhkan autisme dengan pasti. Namun, gejala dan kondisi autisme pada anak dapat menjadi lebih baik dengan penanganan sedini mungkin melalui terapi. Biaya terapi penyandang autis relatif mahal. Tarif terapi Rp 50.000-Rp 500.000 per jam. Padahal, pasien perlu terapi minimal 6-10 jam per minggu. (Sumber: kompas.com, 2012)
Dalam laman alodokter.com menyatakan bahwa Ada penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak dengan autisme sering menunjukkan respons yang lebih baik terhadap informasi yang diberikan secara visual. Dengan aplikasi ini diharapkan dapat membantu mereka melakukan aktivitasnya sehari-hari dan meminimalkan bantuan yang diberikan.

Tujuan Pembuatan Aplikasi

1.      Sebagai media terapi yang mudah digunakan, sehingga dapat diterapkan di rumah dengan bimbingan orang tua.
2.      Membantu anak penyandang autis mengenal benda-benda di sekelilingnya dan berinteraksi dengan lingkungannya.
3.      Mengajarkan anak penyandang autis kemampuan merawat diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari dan meminimalkan bantuan yang diberikan.
4.      Membantu anak penyandang autis mengenal emosi sehingga dapat berekspresi dan mempunyai empati kepada orang lain.

Gambaran Umum Aplikasi


Aplikasi ini terdiri dari tiga jenis permainan yang dapat memberikan edukasi kepada anak penyandang autis mengenai hal-hal dalam kesehariannya, yaitu:
1.      Pengenalan Benda
2.      Pengenalan Aktivitas Sehari-hari
3.      Pengenalan Emosi


Dalam permainan pengenalan benda, pengguna aplikasi diarahkan untuk meletakkan benda sesuai dengan bentuk dan tempatnya. Jika pengguna berhasil meletakkan dengan benar, pengguna akan mengetahui apa nama benda tersebut dan deskripsinya.


Pada permainan pengenalan aktivitas sehari-hari, pengguna aplikasi dapat memilih aktivitas yang akan dipelajari, kemudian pengguna akan mendengar instruksi atau pembelajaran mengenai urutan aktivitas yang tepat. Setelah itu, pengguna diharapkan dapat mengurutkan aktivitas sesuai dengan pembelajaran yang telah diberikan.  


Dalam permainan pengenalan emosi, pengguna aplikasi terlebih dahulu diberikan pembelajaran mengenai ekspresi yang umum. Kemudian pengguna diberikan beberapa cerita dan harus memilih ekspresi wajah yang sesuai dengan cerita tersebut.

Daftar Pustaka

1.      Anna, Lusia Kus. 2012. Tenaga Ahli Autisme Terbatas. http://health.kompas.com/read/2012/03/15/06225668/Tenaga.Ahli.Autisme.Terbatas/ (Diakses tanggal 19 Februari 2016)
2.      Anonim. Pengobatan Autisme. http://www.alodokter.com/autisme/pengobatan/ (Diakses tanggal 19 Februari 2016)
3.      The Children Indonesia. 2015. Jumlah Penderita Autis Indonesia. https://klinikautis.com/2015/09/06/jumlah-penderita-autis-di-indonesia/ (Diakses tanggal 19 Februari 2016)



1 comment: