AUTICVITY
APLIKASI PEMBELAJARAN UNTUK ANAK PENYANDANG AUTIS
Aplikasi
Auticvity merupakan aplikasi game (permainan) yang dikhususkan untuk membantu
penyandang autis belajar dengan konsep fun
learning. Aplikasi ini juga menerapkan beberapa terapi khusus untuk
penyandang autis, diantaranya terapi visual, ABA (Applied Behaviour Analysis)
atau terapi perilaku, dan terapi okupasi.
Latar Belakang
Autisme adalah kelainan perkembangan
sistem saraf pada seseorang yang pada umumnya disebabkan oleh faktor keturunan
dan biasanya sudah dapat terdeteksi sejak bayi berusia 6 bulan. Prediksi
penyandang autis dari tahun ke tahun semakin meningkat. Di Indonesia, pada
tahun 2015 diperkirakan satu per 250 anak mengalami gangguan spektrum Autis.
Terdapat kurang lebih 12.800 anak penyandang autis dan 134.000 penyandang
spektrum autis di Indonesia pada tahun 2015. (Sumber: klinikautis.com, 2015)
Walaupun hingga saat ini, belum ada
cara untuk menyembuhkan autisme dengan pasti. Namun, gejala dan kondisi autisme
pada anak dapat menjadi lebih baik dengan penanganan sedini mungkin melalui
terapi. Biaya terapi penyandang autis relatif mahal. Tarif terapi Rp 50.000-Rp
500.000 per jam. Padahal, pasien perlu terapi minimal 6-10 jam per minggu.
(Sumber: kompas.com, 2012)
Dalam laman alodokter.com menyatakan
bahwa “Ada penelitian yang menunjukkan
bahwa anak-anak dengan autisme sering menunjukkan respons yang lebih baik
terhadap informasi yang diberikan secara visual.” Dengan aplikasi ini
diharapkan dapat membantu mereka melakukan aktivitasnya sehari-hari dan meminimalkan
bantuan yang diberikan.
Tujuan Pembuatan Aplikasi
1. Sebagai
media terapi yang mudah digunakan, sehingga dapat diterapkan di rumah dengan
bimbingan orang tua.
2. Membantu
anak penyandang autis mengenal benda-benda di sekelilingnya dan berinteraksi
dengan lingkungannya.
3. Mengajarkan
anak penyandang autis kemampuan merawat diri sendiri dalam kehidupan
sehari-hari dan meminimalkan bantuan yang diberikan.
4. Membantu
anak penyandang autis mengenal emosi sehingga dapat berekspresi dan mempunyai
empati kepada orang lain.
Gambaran Umum Aplikasi
Aplikasi ini terdiri dari tiga jenis permainan yang dapat
memberikan edukasi kepada anak penyandang autis mengenai hal-hal dalam
kesehariannya, yaitu:
1. Pengenalan
Benda
2. Pengenalan
Aktivitas Sehari-hari
3. Pengenalan
Emosi
Dalam permainan pengenalan benda, pengguna aplikasi
diarahkan untuk meletakkan benda sesuai dengan bentuk dan tempatnya. Jika
pengguna berhasil meletakkan dengan benar, pengguna akan mengetahui apa nama
benda tersebut dan deskripsinya.
Pada permainan pengenalan aktivitas sehari-hari, pengguna
aplikasi dapat memilih aktivitas yang akan dipelajari, kemudian pengguna akan mendengar
instruksi atau pembelajaran mengenai urutan aktivitas yang tepat. Setelah itu,
pengguna diharapkan dapat mengurutkan aktivitas sesuai dengan pembelajaran yang
telah diberikan.
Dalam permainan pengenalan emosi, pengguna aplikasi terlebih
dahulu diberikan pembelajaran mengenai ekspresi yang umum. Kemudian pengguna
diberikan beberapa cerita dan harus memilih ekspresi wajah yang sesuai dengan
cerita tersebut.
Klik link dibawah untuk download Auticvity!
https://drive.google.com/file/d/0B6zDdtggDzfPQ252MmlMOVNLTlk/view?usp=sharing
Daftar Pustaka
1. Anna,
Lusia Kus. 2012. Tenaga Ahli Autisme Terbatas. http://health.kompas.com/read/2012/03/15/06225668/Tenaga.Ahli.Autisme.Terbatas/ (Diakses tanggal 19 Februari
2016)
2. Anonim.
Pengobatan Autisme. http://www.alodokter.com/autisme/pengobatan/
(Diakses tanggal 19 Februari 2016)
3. The
Children Indonesia. 2015. Jumlah Penderita Autis Indonesia. https://klinikautis.com/2015/09/06/jumlah-penderita-autis-di-indonesia/
(Diakses tanggal 19 Februari 2016)
Bikinnya pake app apa gan ?
ReplyDelete