BAB I
PENGANTAR ILMU SOSIAL DASAR
1 A. Pengertian, Tujuan, ISD dan IPS
1. PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR DAN
ILMU PNGETAHUAN DASAR
“Ilmu
Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya
yang diwujudkain oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan
pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang
pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi,
geografi sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial.”
Buku MKDU Ilmu Sosial Dasar
(Herwantiyoko dan Neltje F. Katuuk)
“Ilmu pengetahuan sosial adalah
sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan
dengan manusia dan lingkungan sosialnya.”
http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_sosial
2. TUJUAN ILMU SOSIAL DASAR
a.
Tujuan Umum
Tujuan umum diselenggarakannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ialah
pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian,
pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam
lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain,
agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan sosial
dapat dipertajam.
b.
Tujuan khusus:
- Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
- Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
- Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).
- Memahami jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
3. KELOMPOK ILMU PENGETAHUAN
Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu
pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokan menjadi tiga:
- Natural sciences (ilmu-ilmu alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi, dll.
- Sosial sciences (ilmu-ilmu sosial) terdiri dari: Sosiologi, Ekonomi, Politik, Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi, dll.
- Humanities (ilmu-ilmu budaya) meliputi: Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian, dll.
2 B. Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Dasar
Ilmu Sosial dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan.
1. PERSAMAAN ISD DAN IPS
- Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
- Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
- Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
2. PERBEDAAN ISD DAN IPS
- Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruaan Tinggi, Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
- Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
- Ilmu Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
3 C. Ruang Lingkup Ilmu Sosial
Dasar
Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan 3 golongan :
Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan 3 golongan :
- Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dala mmasyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
- Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
- Masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda.
4 D. Pendapat
Menurut saya, Ilmu Sosial Dasar
(ISD) sangat penting untuk dipelajari karena dapat membentuk dan mengembangkan kepribadian serta memperluas wawasan dan pengetahuan mengenai berbagai
gejala yang ada dan timbul dalam lingkungan, khususnya gejala yang berhubungan dengan masyarakat. Dengan
mempelajari ISD, mahasiswa mampu menyelesaikan berbagai masalah yang ada di lingkungannya,
tidak hanya di lingkungan kampus, melainkan juga di lingkungan masyarakat.
Selain itu,
ISD juga mengajarkan untuk meningkatkan pola pikir mahasiswa untuk dapat
berpikir logis yang tidak menggunakan emosi. ISD dapat dijadikan bekal
mahasiswa dalam hidup sosial bermasyarakat yang baik.
Dengan ISD
sebagai Mata Kuliah Dasar Umum, maka diharapkan mahasiswa dapat menjadi lulusan
yang tidak hanya memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, tetapi juga
mempunyai jiwa sosial dan kepribadian yang baik.
Referensi:
·
Buku MKDU Ilmu Sosial Dasar (Herwantiyoko dan Neltje F. Katuuk)
http://anwarabdi.wordpress.com/tag/ilmu-sosial-dasar/
NAMA: ABU BAKAR
NPM: 10113068
KELAS: 1KA09
0 comments:
Post a Comment